23
Sep
07

Nurdin Halid Dihadirkan Dalam Sidang Korupsi Beras Impor

Kamis, 27 Juli 2006 | 13:56 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Nurdin Halid, Ketua Umum Induk Koperadi Unit Desa dihadirkan sebagai saksi dalam sidang kasus korupsi impor beras 60 ribu matrik ton pada tahun 2003 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini. Dia diperiksa karena kapasitasnya sebagai importir beras pada tahun 2003.

Sidang yang dimulai pada pukul 11.30 WIB dengan Hakim Ketua Saud H.Pasaribu itu juga menghadirkan empat saksi lain. Terdakwa dalam kasus ini antara lain, Wahyono Herwanto, bekas kepala kantor pelayanan Bea dan Cukai Tanjung Priuk I dan Yamiral Aziz Santoso, bekas kepala seksi Penyidikan dan Pecegahan.

Perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh terdakwa antara lain, mengeluarkan beras dari gudang penimbunan bea cukai tanpa prosedur yang benar, memperkaya importir beras.

Akibat perbuatannya negara dirugikan Rp 25.413.000.000. Jumlah itu berasal dari bea masuk yang tidak dibayarkan oleh importir atas beras impor dari Vietnam sebesar 60 ribu matrik ton.

Terdakwa dijerat dengan Undang-undang nomor 31 Tahun 1999 yang diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pidana korupsi jo pasal 55 ayat 1 KUHP.

SANDY INDRA


0 Responses to “Nurdin Halid Dihadirkan Dalam Sidang Korupsi Beras Impor”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: